Misteri Jalan Prigantil Sokaraja, Jalan Soepardjo Roestam Sokaraja, Jalan Raya Angker

7 Misteri Jalan Raya Prigantil, Awas Celaka! Kena Jebakan Pesugihan

Diposting pada

Misteri.co.id – Nama Prigantil berasal dari kata Prit dan Gantil. Prit artinya adalah Emprit. Gantil adalah Gantil. Emprit Gantil merujuk pada nama seekor burung Emprit, yang lebih dikenal dengan nama burung Gereja. Namun ada pula yang menggunakan nama Pritgantil untuk menyebut burung titutit, sesosok burung pembawa kabar kematian. Burung inilah yang menjadi inspirasi dari penamaan jalan Prigantil.

Jalan Prigantil merupakan nama lain dari jalan Soepardjo Roestam yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya kabupaten Banyumas. Jalan ini menghubungkan kecamatan Sokaraja dengan kota Purwokerto. Sepanjang kanan dan kiri jalan adalah kantor-kantor industri, mekanik, dan ada pula berdiri kantor harian koran Radar Banyumas.

Misteri Jalan Prigantil Sokaraja, Jalan Soepardjo Roestam Sokaraja, Jalan Raya Angker

Jalan Prigantil dulunya sebelum menjadi jalan merupakan area persawahan. Jejak persawahan atau tanah kosong yang seperti hutan ini tentu masih tampak sekarang, di mana ketika kita melintasi jalan ini, maka di antara perkantoran, hotel, dan gudang-gudang industri terdapat petakan sawah.

Jalan Prigantil terkenal mistis. Banyak kisah angker yang muncul di sana. Tentunya soal kecelakaan maut yang selalu saja menyebabkan kematian. Tahukah kamu, bahwa di balik kelurusannya, benar-benar mengandung kesesatan yang nyata, tentang ritus pesugihan dan kisah horor. Bahwa Jalan Prigantil itu memendam berbagai cerita misteri tentang jalan raya seperti di bawah ini:

1. Misteri Burung Emprit Gantil sebagai Nama Jalan Raya

Burung Emprit Gantil, nampaknya sudah tidak asing lagi. Kamu pasti juga pernah mendengarnya. Ini adalah seekor burung dari golongan burung emprit (burung gereja) yang bisa berukuran kecil dan bercuit aneh. Kicauan burung ini terdengar hanya ketika ada orang mati!

Alasan kenapa Jalan Soepardjo Roestam Sokaraja-Banyumas, dinamakan Jalan Prigantil konon karena dulunya di sana adalah habitat dari burung Emprit Gantil ini. Banyak berterbangan burung ini di sana, sebelum lahan persawahan dan pekarangan kosongnya dibabat untuk dibuka jadi jalan.

2. Misteri Jalur Lurus Tanpa Hambatan, Tapi Sering Membuat Pengendara Terlena Ngebut

Jalannya memang lurus dan halus, membentang dari Sokaraja Kulon hingga ke pintu masuk kota Purwokerto di dekat Taman Satria, Rumah Sakit Margono Soekardjo. Oleh karena jalannya lurus bebas hambatan begini, banyak pengendara motor maupun mobil yang ngebut. Baik di pagi hari maupun malam hari.

Jalan ini juga tidak pernah macet, kecuali kalau di moment lebaran saja, biasanya padat sekali. Ketika seorang pengendara memilih ngebut. Maka ia bakalan jadi terlena! Seakan melayang pikirannya dan tidak sadar dengan kondisi di sekitar. Dan pada saat inilah, tiba-tiba ada campur tangan gaib. Misalnya ada hantu yang mendadak lewat. Bikin kaget dan akhirnya jatuh kecelakaan deh.

3. Misteri Jalur Pesugihan di Jalan Soepardjo Roestam Sokaraja

Jalan Prigantil terkenal sebagai lokasi “pengalapan”. Ini adalah suatu istilah yang merujuk pada jalur pesugihan. Tempat di mana banyak ditebar ranjau-ranjau pesugihan sepanjang jalan. Ranjau ini dipasang merata di sepanjang jalan mulai dari gerbang masuk kota Purwokerto hingga ke Depo Pelita.

Ada titik-titik rawan di mana paling sering korban berjatuhan. Mulai dari Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto, Perumahan Firdaus, bekas Pabrik Logam Sokaraja, Area Gethuk Goreng Sokaraja. Lalu SMP Negeri 1 Sokaraja, hingga pol di toko Pelita. Pokoknya banyak sekali titik rawannya. Baik dari arah Purwokerto maupun dari arah Sokaraja.

Ada pula titik rawan yang ke arah Sangkal Putung, daerah SMK Budi Utomo. Di titik-titik rawan ini, kecelakaan terjadi secara tidak wajar. Misalnya hanya serempetan motor dengan mobil, tapi tewas. Atau malah kecelakaan motor tunggal, tewas. Sungguh aneh!

Berdasarkan pengakuan para korban selamat, biasanya mereka merasa kendaraan mereka seperti ditarik magnet, untuk sengaja dibikin tergelincir parah dan terseret jauh hingga meninggal. Ada pula yang melihat sosok hantu melintas dan mendadak kehilangan kendali atas motornya. Memang kecelakaan motor lebih sering, dibanding mobil dan yang lainnya.

4. Misteri Melamun di Jalan Prigantil

Jangan pernah kamu mengendarai motor di Jalan Prigantil sambil melamun. Pasalnya, sekali saja melamun, kamu bakalan lepas dan terbawa suasana gaib. Jebakan pesugihan yang banyak dipasang itu bakalan membuatmu halusinasi macam-macam, dan akhirnya kecelakaan deh.

5. Misteri Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto

Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto (RSOP) adalah sebuah rumah sakit tulang yang sangat angker. RSOP terletak di jalan Prigantil. Rumah sakit tulang ini benar-benar bisa dimasukkan ke dalam daftar rumah sakit paling angker di Indonesia. Banyak sekali makhluk halus di sana.

Kalau malam hari, suasana hening terasa sekali.  Hawa dingin menusuk kulit. Pemilik rumah sakit ini adalah orang Bali. Ia sangat menyukai seni dan banyak memajang benda-benda seni seperti lukisan dan miniatur, yang justru menambah kesan mistis. Meskipun tentu saja tujuan dari pemajangan benda-benda seni itu adalah untuk mempercantik ruangan rumah sakit.

Baca Juga: 4 Misteri Rumah Darmo, Tragedi Maut Pesugihan di Surabaya

6. Misteri Sosok Misterius yang Menyebrang di Jalan Prigantil

Ini memang adalah drama dari jalur pesugihan Jalan Prigantil. Tentu kita tidak tahu siapakah yang menebar ranjau pesugihan. Namun jelas ini bukan hanya satu orang karena ranjaunya benar-benar penuh sepanjang jalan. Sosok misterius yang mendadak muncul menyebrang jalan biasanya hadir di malam hari. Atau di siang hari, yang mana jalannya tumben sangat sepi.

Kamu jangan panik kalau mendadak bertemu sosok orang bodoh menyebrang jalan tanpa tengok-tengok begini. Segera rem kendaraan, namun tetap dapat menguasai lajunya. Jangan sesekali bertindak nekad, menabrak orang aneh atau makhluk yang menyebrang itu. Nanti malah celaka!

7. Misteri Ditarik Hantu Saat Naik Motor

Ini adalah kejadian yang banyak pula dialami orang. Terutama pengendara sepeda motor. Mereka kadang merasa motornya ditarik magnet dari sisi kiri atau dari atas. Helm mereka berasa ketarik sampai miring sekali. Tubuh berasa terguncang seperti digandulin hantu. Ada pula yang merasa tarikan magnet itu membuat motornya seakan dipaksa untuk berbelok ke alam gaib.

Kalau kamu mengalami kejadian seperti ini di Jalan Prigantil, atau di mana saja deh, lebih baik kamu berhenti segera dan menepi. Selanjutnya kamu berkata lirih, “sudah ya, kamu turun sini saja.” Maksudnya, kamu menyuruh hantunya buat turun di sini saja. Jangan ikut lagi!

Wah, ternyata jalan raya yang tergolong pendek ini menyimpan banyak sekali misteri ya. Makanya untuk warga kota Purwokerto, Banyumas, Sokaraja, dan siapapun yang melintasi jalan ini, wajib berdo’a! Jangan pernah melamun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *